25 Tahun Studi Pembangunan ITB: Merangkai Sebuah Cerita

Studi Pembangunan ITB telah menginjak usianya yang ke-25 pada Bulan September tahun 2018 ini. Sebuah kehormatan bagi kami, Studi Pembangunan ITB, untuk dapat terlibat dalam berbagai kegiatan pembangunan, baik skala lokal, regional, maupun internasional. Berangkat dari pengalaman tersebut, Studi Pembangunan ITB berupaya untuk kembali berkontribusi dalam wacana pembangunan terkini melalui rangkaian acara yang dipersiapkan dalam peringatan Dies Natalis Perak Studi Pembangunan ITB.

Konteks wacara pembangunan dewasa ini seringkali terkait pada gelombang revolusi industri keempat yang memiliki karakter saling terkoneksi antarpengguna. Mengacu pada konteks tersebut, Studi Pembangunan ITB bermaksud untuk berkontribusi dalam pemikiran mengenai wacana pembangunan Industry 4.0. Perlu diingat bahwa kontributor dalam pemikiran ini bukan saja civitas academica Studi Pembangunan ITB, tetapi juga melibatkan alumni dari berbagai angkatan.

Beranjak dari keterlibatan alumni, maka acara pertama dari rangkaian Dies Natalis Perak Studi Pembangunan ITB adalah temu alumni bertajuk “Alumni Homecoming” yang bertempat di Gedung CRCS Lantai 3 pada tanggal 8 Desember 2018. Acara temu alumni ini direncanakan untuk berlangsung dari pukul 09.00 hingga 16.00. Dua elemen besar dari acara ini adalah pemaparan pemikiran mengenai wacana pembangunan terkait gelombang revolusi industri keempat pada pagi hari, kemudian dilanjutkan dengan temu kangen alumni dan acara santai di waktu santap siang hingga akhir acara. Tujuan dari acara ini adalah menjaring berbagai aspirasi alumni Studi Pembangunan ITB yang telah berkiprah di berbagai bidang, untuk kemudian merumuskan pemikiran yang diangkat dari komunitas Studi Pembangunan ITB.

Acara berikutnya adalah Seminar Nasional yang bertajuk “Development 4.0”, di mana pemikiran mengenai revolusi industri keempat ini akan didiseminasikan dan dikonsolidasikan dengan berbagai pemikiran pengambil keputusan. Acara seminar nasional ini direncanakan untuk diadakan tanggal 6 Maret 2019, dengan bertempat di ITB. Tujuan dari acara ini adalah mendapatkan respon masyarkat luas terhadap pemikiran pembangunan yang digagas oleh komunitas Studi Pembangunan ITB.

Hasil akhir dari dua rangkaian acara tersebut direncanakan untuk mengantar kita untuk mengawali pembentukan sebuah dokumen rekomendasi kebijakan yang ditujukan bagi para pemangku kekuasaan, pengambil keputusan, kalangan akademisi, serta praktisi. Dokumen Policy Brief ini ditujukan untuk menanggapi berbagai isu pembangunan dalam konteks gelombang revolusi industri keempat.

Please follow and like us:
0