Konferensi “Re-learning to be A Human in Global Times: A Dialogue between Islam and Culture” Menggambarkan Pandangan Kekinian dalam Dialog Islam dan Budaya

Kontribusi PMSP ITB dalam Konferensi “Re-learning to be A Human in Global Times: A Dialogue between Islam and Culture” Menggambarkan Pandangan Kekinian dalam Dialog Islam dan Budaya

Perkembangan pembangunan di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari pengaruh agama dan kepercayaan. Mengakomodasi hal ini, banyak konferensi yang dilakukan di Indonesia terkait agama dan kepercayaan. Salah satunya adalah konferensi internasional yang dihadiri mahasiswa PMSP ITB bertajuk “Re-learning to be A Human in Global Times: A Dialogue between Islam and Culture” yang diadakan di Universitas Paramadina tanggal 3-4 Januari 2018.

Konferensi ini membahas mengenai bagaimana Islam membentuk berbagai pola kehidupan manusia dan Indonesia terpengaruh oleh hal-hal tersebut. Konferensi ini adalah bagian dari kegiatan yang pernah diikuti oleh perwakilan PMSP ITB di tahun 2016. Rangkaian bertajuk “International Conference -Thought on Human Sciences in Islam” telah beberapa kali membawakan tema diskusi berkaitan dengan interaksi Islam dan banyak aspek kehidupan manusia.

Mahasiswa PMSP ITB, Deti Rahmawati, membawakan makalah yang berjudul,”Hijab and the Construction of Religious Beauty”. Makalah ini menjabarkan mengenai kelompok pengguna jilbab dan cara mereka membuat definisi ‘cantik’ menurut mereka. Konstruksi ini dilakukan sedemikian rupa, sehingga elemen-elemen dalam ajaran Islam ditarik dan seolah dipergunakan sebagai dasar melakukan usaha dagang.

Respon dari partisipan lain dalam konferensi ini sangat mengapresiasi upaya Deti untuk menjelaskan makalahnya. Selain itu, banyak juga tawaran untuk bertukar makalah dan menindaklanjuti interaksi dari konferensi ini. Makalah dari Deti juga diapresiasi dalam pidato penutupan dari salah satu anggota penasehat konferensi sebagai topik yang mengandung aktualitas yang sangat tinggi dan relevan dengan tema konferensi.  

 

[Full Paper] Hijab and the Construction of Religious Beauty

[Full Paper] Islamic Learning as Quranic Textual Learning

Please follow and like us:
0

Berita Terkait

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz