Seminar Nasional “Peran Geografi dalam Pengelolaan Sumberdaya Wilayah NKRI di Era Teknologi” Berupaya Menjawab Tantangan Geografi di Era Teknologi

Geografi menjadi sangat penting sebagai upaya untuk memetakan sumber daya alam, terutama di Indonesia yang sangat kaya dengan berbagai jenis sumber daya alam. Pemetaan di masa kini diperkaya dengan keterlibatan teknologi yang mengubah proses pemetaan secara signifikan. Keterlibatan teknologi dalam pemetaan sumber daya alam juga berarti mengubah pengelolaan sumber daya alam secara mendasar. Berbagai tantangan yang muncul dalam keterlibatan teknologi dalam geografi diangkat dalam seminar nasional di UGM tanggal 17 November 2017. Seminar bertajuk “Peran Geografi dalam Pengelolaan Sumberdaya Wilayah NKRI di Era Teknologi” diadakan oleh Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada.

Pemetaan mengenai sumberdaya alam didasari oleh prinsip-prinsip keruangan. Aktivitas spasial akan memberikan karakteristik tertentu dalam mempersepsikan sebuah ruang. Tiga mahasiswa PMSP ITB mencoba untuk mengangkat hal tersebut melalui makalah yang disampaikan pada seminar nasional geografi di UGM. Wulansari, Maria Febriana Bewu Mbele dan, Arif Budiman mempresentasikan makalah berjudul “Perspektif Multidisiplin tentang Ruang dan Implikasinya dalam Teknologi Pengembangan Wilayah”. Makalah tersebut mencoba menelusuri dan memahami secara komprehensif faktor-faktor yang menyebabkan banyaknya pembangunan yang dinilai gagal dan tidak tepat sasaran, serta memperlihatkan mengenai gambaran ruang yang tidak dapat dipisahkan dari pergerakan.

Peserta seminar sangat mengapresiasi makalah yang disampaikan oleh tiga mahasiswa PMSP ITB. Terutama mengenai mengangkat pandangan mengenai konsep ruang dari sudut pandang yang berbeda, berikut implikasinya dalam pembangunan wilayah.

Please follow and like us:
0

Berita Terkait

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz