Pengaruh Ruang Virtual Terhadap Ruang Fisik

Dena Andromeda, mahasiswa calon lulusan Program Magister Studi Pembangunan memaparkan studinya terkait “Pengaruh Ruang Virtual Terhadap Ruang Fisik. Studi Kasus: Tingkat Sense of Place Pada Hasil Foto Instagram di Kawasan Bandung” dalam seminar Tesis yang diadakan pada tanggal 19 Februari 2020.

Dena Andromeda menjelaskan bahwa perkembangan teknologi dan media sosial yang cepat telah membuat banyak orang lebih mudah membagikan kegiatan mereka sehari hari di segala penujru kota. Sebuah suvei global pada pengguna internet  pada tahun 2017 melaporkan bahwa jumlah pengguna ponsel cerdas terus tumbuh pada tingkat yang menakjubkan, saat ini setidaknya lebih dari setengah populasi dunia memiliki smart phone.

Salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh warga dunia  adalah Instagram. Sebuah tempat untuk penggunanya membagikan informasi mengenai kegiatan mereka dalam bentuk gambar dan video.

Sense of place yang ditunjukan oleh setiap pengguna Instagram menjadi salah satu hal yang penting guna membentuk image dari kota yang mereka tempati atau singgahi untuk sementara waktu.

Dalam paparannya Dena Andromeda menjelaskan bahwa penelitian yang dilaksanakannya bertujuan untuk mengetahui tingkat sense of place mengenai kawasan Bandung dari warga setempatnya.  Dengan mengetahui tingkat sense of place pada warganya pihak pengembang akan memiliki data lebih akurat untuk mengembangkan kawasan Bandung dengan tepat, bukan hanya mengikuti tren yang banyak diminati saat ini, tapi juga memikirkan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang.